Translate

Minggu, 05 April 2015

SEMUA KARENA RUFFAN



          “Selalu seperti ini, kapan sich liburanku berkesan? Mama-papa selalu saja nganggep aku anak kecil! Kapan aku diangaap orang gede?!” gerutuku pada kedua sohibku, Fany dan Indri.
          Kenapa sich non Cika? Pagi-pagi udah ngomel-ngomel. Matahari bisa-bisa g jadi nongol gara-gara celoteh dari mulut bawel kamu.” Tandas Indri sambil duduk menghadapku.
          “Bodo! G peduli!  Habisnya mama sama papa selalu memperlakukan aku seperti anak berumur 7 tahun. Siapa juga yang g BT?” lanjutku
          Kenapa sich cantik, Pagi-pagi kok udah ngome-ngomel gitu?” Tanya Fany.
Sohibku yang satu ini memang yang paling pengertian. Anaknya baik banget. Pemikirannya itu lho… melesat jauh dari usianya yang masih 18 minus. Ditambah parasnya yang ayu. Bener-bener cewek ideal dech. Aku yang cewek aja sampai kagum segitunya, apalagi cowok? Pantes aja dia jadi inceran cowok-cowok satu sekolah. Beda sama si Indri. Cantik sich, tapi bawelnya itu lho yang g ketulungan. Kalo udah buka mulut dijamin yang lainnya bakalan diem, bukan karena dengerin omongannya, tapi karena saking bingungnya mencerna kata per kata yang keluar dari mulut sohibku ini. Hehehe… Tapi kalo dipikir-pikir, g rame juga sich kalo seisi dunia kaya Fany semua. Dunia kan juga butuh pemanis. Anggap saja aku dan Indri itu sebagai pemanis. Biar hidup jadi lebih hidup!
          “Gini Fan, liburan minggu depan kan kita punya rencana camping. Nah semalem tu aku ngomong sama kedua ortuku yang super duper over protektif itu. Tau g apa jawabannya?” tanyaku mencoba menebak sampaidimana kedua sohibku ini mengenal ortuku.
          Emm…. Pasti mereka bilang gini, ehm… ehm…” Indri ber-Ehm ria, lalu melanjutkannya dengan berkacak pinggang ala mamaku kalo lagi ngomel. “Cika camping itu g enak. Boboknya musti dempet-dempetan, dingin, banyak nyamuk. Lagipula siapa yang mau menjamin keselamatan kamu? Pokoknya mama sama papa g setuju!” Indri mengakhiri kalimatnya dengan duduk dan mengarahkan pandangannya kearahku, seperti memintaku untuk mengiyakan drama kolosal yang baru saja dia peragain. Fany cuma senyum-senyum aja melihat kelakuan sohibnya itu.
          “Huft….. musti gimana dong? Masa aku musti absen lagi. Aku kan pengin ikut.” Kataku lemas sambil ku rebahkan kepalaku keatas meja kayu ini.
          “Cika mungkin mama kamu kaya gitu karena dia saking sayangnya sama kamu. Dia g mau anaknya ini kenapa-napa.” Nasehat Fany sambil menepuk-nepuk pundakku. Seperti biasa sohibku ini selalu bisa ngeredain emosiku. Baru sebentar aku merasa bisa menghirup udara segar, musuh bebuyutanku sudah siap nyari gara-gara.
          “Eh anak mami! Kenapa lu?  G boleh ikut camping lagi ya? Hahahaha…. Kasihan banget sich! Habis ini palingan ngrengek-ngrengek minta beliin boneka.” Kata-kata Ruffan itu sontak membuat kedua temannya atau lebih pantes dibilang kacungnya ngetawain aku habis-habisan.
          Sumpah! Rasanya pengan banget aku nyumpal mulut cowok keturunan jawa-sunda ini. Dia g pernah berhenti nyari gara-gara sama aku, g tau apa salahku.
          “Diem lu cowok jadi-jadian!” bentakku.
          Kalo saja ibu Rini g masuk, pasti sudah terjadi perang dunia yang ke-13. Selama pelajaran berlangsung mata Ruffan g pernah berhenti nglirik dan ngledek kearahku. Semua tingkah dia benar-benar membuat aku naik darah. Iihhh….. gondok banget. Hari ini benar-benar MENYEBALKAN!!!
*      *      *      *      *
       “Cika sayang, kanapa? Kok nasinya Cuma diaduk-aduk gitu? Dimakan dunk sayang!”  Tegur mama.
          “Ma…” panggilku.
          “Kenapa sayang?”
          “Cika boleh ya ikut gamping liburan minggu depan!  Gika pengin ikut ma, ya ma-pa?!” aku sengaja memasang muka memelas dihadapan ortuku ini.
          “Sudahlah ma,  biarkan cika ikut. Lagi pula Cika kan sudah besar, pasti dia bias jaga diri.” Kata papa yang dari tadi cuma diam.
          “Tapi pa…” Kata mama yang suah siap dengan seribu alasan buat nglarang aku. Buru-buru aku bilang makasih ke papa biar mama g banyak ngomong lagi.
          “Makasih ya pa.. Cika janji kok bakalan jaga diri baik-baik” Ku pasang senyum termanis yang aku punya dan segera ku sudahi makan malamku. G sabar rasanya buat ninggu besok.
*        *        *        *        *
          Esok yang aku nantipun tiba, aku sudah g sabar pengin berbagi kabar membahagiakan ini pada kedua sohibku. Dan tentunya buat membuktikan pada Ruffan kalo aku bukan Anak Mami seperti yang dia bilang.
          Sesuai dengan perkiraanku, aku masuk kelas dideret tengah kedua sohibku itu sudah datang lebih awal dan Ruffan and the gank juga sudah ngrumpi di pojokan kelas.
          “Indri.. Fany.. aku punya kabar baik buat kalian!” Teriakku histeris. Ku lempar tasku dan segera aku duduk merapat di sebelah Fany.
          “Apaan nich kabar baiknya? Kayaknya kamu seneng banget, abis menang lotre ya?” Tebak Indri ngaco.
          “Huh… ini lebih dari sekedar menang lotre” Kataku sambil menepu dahi Indri ringan
          “Aduh! Seneng sich seneng, tapi g perlu dilampiasin ke jidat aku donk!” Protes Indri.
          “Iya Cika, kasihan kan si Indri jadi tambah jenong” Tambah Fany.
          “Hahaha…” Serempak aku dan Fany tertawa. Indri terlihat manyun-manyun karena g trima dikatain jenong.
          “Ya udah apaan kabar baiknya? Tanya Indri.
          “Papa sama mama ngiznin aku ikut liburan bareng kalian!”
          “Serius lu cik?!” Sambung Ruffan yang tiba-tiba ada dibelakangku.
          “Iya dunk. Ini bukti kalo gue bukan anak mami kaya’ yang lu bilang! Buktinya gue dibolehin ikut camping bareng anak-anak kelas ini” Kataku bangga.
          “Hahaha…. Camping? Siapa yang mau camping? Emangnya lu belum tau ya? Dasar Cika Chiken” Ruffan menertawakakku seakan aku ini alien dari planet lain yang aneh.
          “Lho?! Minggu depan kita camping kan? Kayak liburan yang udah-udah?” Tanyaku heran.
          “Dasar Cika Chiken! Minggu depan kita g jadi camping, tapi  kita jalan-jalan ke Owabong” Jelas Ruffan.
          Ada rasa kecewa sich, tapi g masalah dech, yang penting aku bisa liburan bareng sama teman-temanku ini.
*        *        *        *        *
          Waktu yang aku tunggu-tunggu pun tiba. Setibanya disana aku dan kedua sohibku ini bermain air. Rasanya seperti berang-berang yang sudah lama jauh dari air. Semua wahana aku coba. Sampai Ruffan datang menantangku untuk meluncur dari tempat yang paling tinggi. Karena gengsi aku langsung mengiyakan tantangan Ruffan itu,. Kedua sohibku melarangku habis-habisan. Setelah sampai dipuncak menera, rasanya kakiku bener-bener g bisa digerakin.
          “Kenapa? G berani? Dasar Chiken lu!” Ejek Ruffan.
          Udah nanggung! Kalo aku mundur itu berarti Riffan menang. Idihh…. Ogah banget dech bikin Ruffan makin gede kepala aja.
          “Siapa juga yang takut?” kataku mantap.
          “Ok kalo gitu cepet susul aku” Katanya dan dia pun langsung meluncur disusul Indri dan Fany.
          Udah nanggung! Tuhan lindungi aku! Aku berdoa dalam hati dan langsung meluncur. Aku hanya memejamkan mata dan terus memejamkan mata saat meluncur. Rasanya lama banget. Kapan ini akan berakhir?
          “Byurrr!!!”
          Setelah sampai hampir kedasar kolampun aku masih tetap memejamkan mata. Ada banyak orang yang menertawakanku. Tentunya suara Ruffan and the gank terdengar paling nyaring.
          Ya Tuhan rasanya memalukan banget. Segera aku berenang menuju ketepi kolam tapi apesnya waktu aku berenang dibawah seluncuran, aku terkena orang yang baru saja bermain seluncuran. Malu-maluin banget sich! Aku g mau main seluncuran ini lagi! Semua gara-gara Ruffan! Pekikku dalam hati.
          “Cika… Cika… makanya kalo g berani tu ngomong, g perlu dipaksain” Kata-kata itu terdengar begitu mengejek di telingaku.
          Aku sudah g tahan karena dari tadi merasa dipermalukan sama Ruffan, berniat mendorong Ruffan supaya anak ini terjatuh ke air, tapi Ruffan menghindar dan aku sendiri yang justru tergelincir ke air. Awalnya aku masi bias dengar tawa Ruffan dan teman-temannya. Saat aku berniat beranang ke permukaan, tiba-tiba perutku kram. Ya Tuhan gimana ini? Aku mencoba berteriak tapi g bias. Ada tangan yang menarikku keluar dari air. Mataku belum cukup mampu untuk mengenali orang yang menolongku.
          “Cika kamu g papa?” Suara itu terdengar sangat panik. Sedikit demi sedikit aku mulai dapat melihat dengan jelas siapa orang di depanku ini.
          TAARRA!
          Seperti mendapat kejutan begitu tau yang menyelamatkanku adalah RUFFAN. Aku sempat g percaya, tapi itu benar-benar Ruffan.. dia memapahku ke tempat yang teduh, di ikuti Fany dan Indri. Keadaanku sudah membaik. Kedua sohibku pergi untuk ganti baju, sedangkan Ruffan masih disini menemaniku.
          Aku menemukan sosok yang berbeda dari diri Ruffan. Dia berubah? Atau aku saja yang baru menyadarinya? Ruffan memperlakukanku dengan sangat baik.
          “Gimana perut kamu? Masih sakit? Ini dimakan dulu?” kata Ruffan
          “Iya, makasih”
“Lain kali lebih ati-ati ya, aku g mau kamu kenapa-napa! Upss!”
Ruffan langsung menutup mulutnya, seakan-akan dia baru saja mengucapkan sesuatu yang harusnya g dia ucapin. Aku menatapnya lekat-lekat dan dia menjadi salah tingkah.
“Kenapa? Kamu mau?” aku menawarinya roti yang sedang aku makan.
“enggak. Makasih”
“Cie.. cie… tadi kayak anjing sama kucing, sekarang kok jadi kayak Romi sama Juli sich?” Celetuk khas dari Indri
Ruffan hanya tersenyum dan g tau kenapa rasanya wajahku juga memerah karena malu. Entah perasaan apa ini. Semenjak itu Ruffan bukan lagi musuhku. Semua yang terjadi karena dia. Iya, semua karena Ruffan.

***END***
 Afriyani, XII IPA 1
Pengembangan ide, Bahasa indonesia, 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar